PENGARUH E-MODUL PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI WIRAUSAHA KERAJINAN DENGAN INSPIRASI BUDAYA LOKAL NON BENDA KELAS X SMAN 19 SURABAYA

  • Tiara Nisya Al Fitri Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-modul terhadap kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 19 Surabaya pada materi wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan. Penelitian ini mengembangkan E-modul dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Developmet, Implementation, Evaluation. Untuk mengetahui kelayakan E-modul dengan menggunakan Teknik analisis data Skala Guttman berupa angket, kemudian dianalisis dan diolah menggunakan perhitungan presentase. Hasil uji kelayakan materi oleh ahli materi sebesar 100%. Sedangkan hasil uji kelayakan media oleh ahli media sebesar 93,75%. Untuk mengetahui Keefektifan E-modul dengan menggunakan uji coba pretest dan posttest. teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. hasil yang diperoleh uji t adalah nilai t hitung < t table yaitu – 10.956 < 2.042, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan dari nilai sig. (2-tailed) diperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan E-modul dan E-modul berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik kelas X SMA Negeri 19 Surabaya.
Kata Kunci: Pengaruh, E-Modul,Wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda
Abstrack
This study aims to determine the effect of E-modules on the creativity of class X students of SMA Negeri 19 Surabaya on entrepreneurial craft materials with non-object local cultural inspiration. The type of research used is research and development. This study develops an E-module using the ADDIE model which consists of Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. To determine the feasibility of the E-module using the Guttman Scale data analysis technique in the form of a questionnaire, then analyzed and processed using percentage calculations. The results of the material feasibility test by material experts are 100%. While the results of the media feasibility test by media experts amounted to 93.75%. To determine the effectiveness of the E-module by using a pretest and posttest. The data analysis technique used is the t-test. The results obtained by the t-test are the t count < t table, namely – 10,956 < 2,042, then Ho is rejected and Ha is accepted. Meanwhile, from the value of sig. (2-tailed) obtained the value of sig. (2-tailed) < 0.05 i.e. 0.00 < 0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there are significant differences in learning outcomes before and after using E-modules and E-modules affect the creativity of students in class X SMA Negeri 19 Surabaya.
Keywords: Influence, E-Module, Craft Entrepreneur with non-object local culture inspiration

Author Biographies

Tiara Nisya Al Fitri, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Fajar Arianto, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-03
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 73