PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI ARSITEKTUR KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK PGRI 3 SIDOARJO

  • Aditya Randy Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Citra Fitri Kholidya Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan Media Pembelajaran yaitu Multimedia Interaktif materi Arsitektur Komputer pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk kelas X Jurusan Multimedia di SMK PGRI 3 Sidoarjo. Menggunakan metode penelitian model pengembangan ADDIE dengan tahapan; analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Sumber data penelitian ini dari uji kelayakan menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi yaitu guru Multimedia kelas X di SMK PGRI 3 Sidoarjo, ahli desain pembelajaran dan ahli media yaitu dosen dari jurusan S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, serta Uji coba pengguna oleh peserta didik kelas X Multimedia di SMK PGRI 3 Sidoarjo. Hasil analisis validasi yang diperoleh dari ahli materi dan desain pembelajaran mendapat presentase sebesar 82.5% ahli media 76.6%, validasi bahan penyerta mendapat presentase sebesar 81.6%, dan uji coba 91.66%. Berdasarkan hasil uji pada para ahli dan peserta didik tersebut termasuk dalam kriteria penilaian sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan multimedia interaktif materi Arsitektur Komputer telah layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada materi Arsitektur Komputer mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Sidoarjo.
Kata Kunci: Arsitektur Komputer, Komputer, Jaringan Dasar, Multimedia Interaktif, Pengembangan
Abstract
This development research aims to produce learning media Multimedia interactive subject Arsitecture Computer at Computer and Basic Network for X Grade of Multimedia in SMK PGRI 3 Sidoarjo. Using research ADDIE model development method with stages; analyze, design, development, implementation, dan evaluation. The source from this research data are from the feasibility test using a questionnaire given to material experts, namely class X Multimedia teachers at SMK PGRI 3 Sidoarjo, learning design experts and media experts, namely lecturers from the S1 Department of Education Curriculum and Technology, as well as user trials by students of class X Multimedia. at SMK PGRI 3 Sidoarjo The results of the validation analysis of material and learning design experts are 82.5%%, media experts are 76.6%, accompanying book validation is 81.6%%, and trials are 91.66%. Based on the test results on the experts and students included in the very good assessment criteria, it can be concluded that the study development of interactive multimedia computer assembly materials is feasible and can be used in the learning Arsitecture Computer subjects and basic networks for class X students of SMK PGRI 3 Sidoarjo.
Keywords: Arsitecture Computer, Computer, Basic Network, Multimedia Interactive, Development

Author Biographies

Aditya Randy Pratama, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Citra Fitri Kholidya, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-03
Abstract Views: 164
PDF Downloads: 119