EFEKTIFITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF “JENIS DAN RUANG LINGKUP KARIR INDUSTRI PARIWISATA’’ PADA SISWA KELAS X SMKN 1 JOMBANG

  • Alfina Amaranti Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan melihat efektifitas pengembangan media pembelajaran yang berbentuk multimedia interaktif pada materi Jenis dan Ruang Lingkup Karir Industri Pariwisata untuk kelas X di SMKN 1 Jombang. Menggunakan metode pengembangan secara quasi eksperimen dengan rancangan pre-test and post-test with non-equivalent group design. Pengambilan dan teknik analisis data dilakukan secara observasi, wawancara maupun penyebaran angket. Dalam pengujian keefektifan media pembelajaran dengan cara diuji coba menggunakan kriteria variabel bebas (pre-test) dan variabel terikat (post-test) untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Pengujian keeektifan multimedia interaktif dilakukan pada lingkungan yang sama diikuti sebanyak 18 siswa Jurusan Perhotelan sebagai sampel dan siswa kelas X SMKN 1 Jombang sebagai populasi. Subjek uji coba yang didapatkan dari sampel dengan rata - rata nilai pre-test sebesar 85 dan nilai post-test sebesar 92,7. Perhitungan keefektifan media pembelajaran menggunakan SPSS 25 dengan hasil yang didapatkan melalui uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov pada Sig. (2-tailed) 0,138 > 0,05 artinya data yang terdistribusi bersifat normal. Untuk uji homogenitas dikatehui nilai signifikansi 0,0657 > 0,05 bahwa varian data post-test sama (homogen). Sedangkan pada uji t diketagui nilai signifikansi 0,459 > 0,05 dan t hitung 0,759 < 2,11991 dan media pembelajaran dinyatakan berpengaruh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Efektifitas, Multimedia Interaktif, Jenis dan Ruang Lingkup Karir Industri Pariwisata.
Abstract
This study aims to see the effectiveness of the development of learning media in the form of interactive multimedia on the Type and Scope of the Tourism Industry Career for class X at SMKN 1 Jombang. Using a quasi-experimental development method with pre-test and post-test designs with non-equivalent group design. Data collection and analysis techniques were carried out by observation, interviews and distributing questionnaires. In testing the effectiveness of the learning media, it was tested using the criteria of the independent variable (pre-test) and the dependent variable (post-test) to see the increase in student learning outcomes. The interactive multimedia effectiveness test was carried out in the same environment, followed by 18 students of the Hospitality Department as a sample and class X students of SMKN 1 Jombang as the population. The test subjects obtained from the sample with an average pre-test value of 85 and a post-test value of 92.7. Calculation of the effectiveness of learning media using SPSS with the results obtained through the normality test using Kolmogorov-Smirnov on Sig. (2-tailed) 0.138 > 0.05 means that the data is normally distributed. For the homogeneity test, it was found that the significance value was 0.0657 > 0.05 that the variance of the post-test data was the same (homogeneous). Meanwhile, in the t test, the significance value is 0.459 > 0.05 and the t count is 0.759 < 2.11991 and the learning media is declared to have an effect. So it can be concluded that the interactive multimedia developed is effective in improving student learning outcomes.
Keywords: Effectiveness, Interactive Multimedia, Type and Scope of the Tourism Industry Career.

Author Biographies

Alfina Amaranti, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Fajar Arianto, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-03
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 85