PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI MENGENALKAN HURUF-HURUF HIJAIYAH KELAS TK A DI TK DWP LEBANIWARAS - GRESIK

  • Finna Ika Ramadhani Universitas Negeri Surabaya
  • Utari Dewi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android materi mengenalkan huruf-huruf hijaiyah pada kelas TK A di TK DWP Lebaniwaras ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan oleh anak usia dini. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas TK A di TK Dharma Wanita Persatuan Lebaniwaras – Gresik. Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan dari suatu media dilakukan validasi oleh beberapa ahli yakni; ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli media dan ahli bahan penyerta media dengan menggunakan instrument wawancara. Hasil analisa validasi ahli desain pembelajaran diperoleh persentase sebesar 89%, ahli materi diperoleh persentase sebesar 97,5%, ahli media dengan persentase sebesar 100% dan ahli bahan penyerta media dengan persentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis android yang dikembangkan ini layak digunakan dalam proses pembelajaran materi mengenalkan huruf-huruf hijaiyah pada kelas TK A di TK DWP Lebaniwaras Gresik.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif Berbasis Android, PAUD, Huruf Hijaiyah
Abstract
Research on the Development of Android-Based Interactive Multimedia for introducing hijaiyah letters to Kindergarten A class at DWP Lebaniwaras Kindergarten aims to produce learning media suitable for use by early childhood. The research subjects were students of Kindergarten class A at the Dharma Wanita Association of Lebaniwaras – Gresik Kindergarten. This research utilizes the R&D (Research and Development) research method with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). To determine the feasibility of a media validation is carried out by several experts, namely; learning design experts, material experts, media experts and media accompanying material experts using interview instruments. The results of the validation analysis of learning design experts obtained a percentage of 89%, material experts obtained a percentage of 97.5%, media experts with a percentage of 100% and media accompanying material experts with a percentage of 100%. Based on these results, it can be concluded that the developed Android-based interactive multimedia is appropriate for use in the material learning process of introducing hijaiyah letters in Kindergarten A class at DWP Lebaniwaras Gresik Kindergarten.
Keywords: Android-Based Interactive Multimedia, PAUD, Hijaiyah Letters

Author Biographies

Finna Ika Ramadhani, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Utari Dewi, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-25
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 39