PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI PENGENALAN BUAH-BUAHAN PADA TAMAN KANAK-KANAK DI TK DHARMA WANITA DESA NGENGOR

  • Erwin Bayu Adisetia Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Kurangnya pemahaman anak pada pembelajaran buah-buahan serta system pembelajaran yang masih
monoton dan kurang bervariasi menyebabkan anak-anak lebih cepat bosan dalam mempelajari sebuah
materi pengenalan buah-buahan dikarenakan belum adanya pengembangan media video interaktif pada
pembelajaran buah-buahan. Maka pada penelitian ini akan membuat metode pembelajaran menjadi lebih
interaktif dan menarik. Penelitian ini menggunakan jenis model ADDIE untuk menghasilkan produk
tertentu dan menguji keefektifan produk yang dihasilkan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
sehingga dapat disimpulkan jika produk yang dihasilkan dari penelitian yaitu media pembelajaran yang
bisa dimanfaatkan oleh anak-anak di TK Dharma Wanita Desa Ngengor, membantu anak-anak untuk
menjadi lebih aktif dan iteraktif serta mudah memahami materi pengenalan buah-buahan. Peneliti
selanjutnya diharapkan melakukan pengembangan lebih lanjut dengan materi lainya sehingga dapat
melengkapi kebutuhan media pembelajaran yang lebih interaktif disetiap materi.
Penelitian ini di validasi oleh validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli RPP. Penilaian
dari validasi ahli materi mendapatkan nilai 32 (80%) yang artinya tergolong “sangat baik”. Penilaian pada
validasi ahli media mendapatkan nilai 28 (70%) yang artinya tergolong “baik”. Penilaian dari validasi RPP
mendapatkan nilai 52 (81,25%) yang artinya tergolong “sangat baik”. Dari penilaian validasi ini maka
media video interaktif pada materi pengenalan buah-buahan pada T dharma wanita desa ngengor “layak”
untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik.
Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, Metode ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation).
2
Abstract
The lack of children's understanding of fruit learning and the monotonous and less varied learning system
causes children to be more bored in studying the introduction of fruits because there is no development of
interactive video media in fruit learning. So this research will make the learning method more interactive
and interesting. This study uses the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)
model to produce certain products and test the effectiveness of the resulting products. children to become
more active and interactive and easy to understand the introduction of fruits. Further researchers are
expected to carry out further development with other materials so that they can complement the needs of
more interactive learning media in each material.
This research was validated by media expert validators, material expert validators and RPP expert
validators. The assessment from the material expert validation gets a score of 32 (80%) which means it is
classified as "very good". Assessment on the validation of media experts gets a value of 28 (70%) which
means it is classified as "good". Assessment of lesson plan validation gets a value of 52 (81.25%) which
means it is classified as "very good". From this validation assessment, interactive video media on fruit
introduction materials at kindergartens at Dharma Wanita Kindergarten in Ngengor Village are
"appropriate" to be used as learning media for students.
Keywords: Interactive learning media, ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation)Method

Author Biographies

Erwin Bayu Adisetia, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Dr. H. Andi Mariono, M.Pd., Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-25
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 57