PENGEMBANGAN MOTION GRAPHIC VIDEO TENTANG PODCAST PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO/RADIO BAGI MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • Karina Rahmah Fitri Universitas Negeri Surabaya
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berdasarkan uraian sebelumnya mahasiswa mampu belajar secara mandiri dan mampu menguasai keterampilan
setelah pembelajaran. Oleh karena itu solusi penulis terkait permasalahan tersebut yaitu video pembelajaran pada
materi langkah mengembangkan podcast mata kuliah pengembangan media audio, video pembelajaran memiliki
akses dan penggunaannya melalui perangkat elektronik seperti komputer, laptop, tablet bahkan smartphone. Video
pembelajaran memiliki keunggulan dibandingkan buku cetak. Artinya video pemebelajaran lebih komprehensif
dalam hal mencakup konten nyata dengan adanya teks, gambar, video, audio, animasi atau fitur interaktif lainnya,
memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi langsung dengan media dan ini untuk peneliti dapat memberikan
pengalaman belajar langsung. video pembelajaran dapat menjadi pembelajaran yang dapat mencapai hasil belajar
yang efektif dalam mencapai capaian pembelajaran yang sudah ditetapkan.
Tujuan dari pengembangan media video pembelajaran ini guna sebagai mengetahui kelayakan media video
pembelajaran untuk sajikan pada mata kuliah pengembangan media audio materi podcast pada Jurusan Teknologi
Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dan mengetahui keefektifan media video pembelajaran pada mata kuliah
pengembangan media audio materi podcast pada Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Model pengembanga ini menggunakan model ADDIE dengan subjek uji coba mahasiswa angkatan 2021 jurusan
Teknologi pendidikan universitas negeri Surabaya. Data di kumpulkan melalui instrument kelayakan materi, media
validitas, reabilitas butir soal, homogenitas serta normalitas.
Jenis data kualitatif dan kuantitatif, analisis data yang digunakan untuk memproses hasil uji kelayakan
menggunakan skala penilaian Linkert, untuk uji kelayakan materi podcast (100%) menunjukkan kategori layak.
Uji kelayakan media video pembelajaran (90%) menunjukkan kategori sangat layak. Kesimpulan dari hasil yang
didapatkan, penelitian menunjukkan hasil media motion graphics video materi metode penelitian ini layak
diterapkan dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah podcast efektif dalam meningkatkan hasil belajar
Kata kunci: Pengembangan, video pembelajaran, hasil belajar
ABSTRAK
Based on the previous description, students are able to study independently and are able to master skills after
learning. Therefore, the author's solution to this problem is a learning video on step-by-step material for
developing a podcast for audio media development courses, learning videos have access and use through
electronic devices such as computers, laptops, tablets and even smartphones. Learning videos have advantages
over printed books. This means that learning videos are more comprehensive in terms of covering real content in
the presence of text, images, video, audio, animation or other interactive features, allowing students to interact
directly with the media and this for researchers can provide direct learning experiences. learning videos can be
learning that can achieve effective learning outcomes in achieving predetermined learning outcomes.
The purpose of developing this learning video media is to find out the feasibility of learning video media to be
presented in audio media development courses for podcast material at the Department of Educational Technology,
Surabaya State University and to find out the effectiveness of learning video media in audio media development
courses for podcast material at the Department of Educational Technology Surabaya State University. This
development model uses the ADDIE model with trial subjects for class 2021 students majoring in Educational
Technology, Surabaya State University. Data was collected through material feasibility instruments, media
validity, item reliability, homogeneity and normality.
Types of qualitative and quantitative data, data analysis used to process the results of the due diligence using the
Linkert rating scale, for the due diligence of podcast material (100%) indicates a feasible category. The feasibility
test of learning video media (90%) shows a very feasible category. The conclusion from the results obtained, the
research shows that the results of motion graphics video media material for this research method are feasible to
be applied in learning activities for podcast courses to be effective in improving learning outcomes
Keywords: Development, learning videos, learning outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Karina Rahmah Fitri, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Khusnul Khotimah, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2022-07-25
Abstract views: 55 , PDF Downloads: 93