PENGEMBANGAN E- MODUL MATERI KOMPOSISI TYPOGRAPHY PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK KELAS X DKV SMKN 8 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan media e-modul untuk
materi komposisi typography pada mata pelajaran dasar desain komunikasi visual kelas X DKV SMKN 8
Surabaya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima
tahapan diantaranya, analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner
(angket) dan tes. Sedangkan teknik analisis data angket kelayakan media menggunakan skala likert dan teknik
analisis data tes menggunakan uji-t paired sample test. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest one
group design dengan sasaran penelitian yaitu peserta didik kelas X DKV SMK Negeri 8 Surabaya sejumlah 33
peserta didik.Hasil uji validasi ahli materi sebesar 87,27%, uji validasi ahli media sebesar 83%, uji validasi ahli
desain pembelajaran sebesar 96%, sedangkan hasil uji coba individu sebesar 83%, uji coba kelompok kecil 88%,
uji coba kelompok besar 89,27%. Hasil uji validasi tersebut termasuk dalam kategori sangat baik dengan rentang
nilai 81%-100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media e-modul komposisi typography layak
digunakan dalam pembelajaran. Kemudian hasil analisis data pretest-posttest memperoleh nilai sig. (2-tailed)
0.000 ? 0.05 dan thitung = 14.356 > ttabel = 2.03693, sedangkan pada perhitungan rerata tes, diperoleh nilai rerata
posttest yaitu 87,58 lebih tinggi dari rerata pretest peserta didik yaitu 49,70. Maka artinya terdapat perbedaan dan
peningkatan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik sebelum dan setelah diberikan media e-modul
komposisi typography. Kesimpulannya adalah media e-modul komposisi typography layak dan efektif digunakan
dalam pembelajaran pada peserta didik kelas X DKV SMK Negeri 8 Surabaya.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

