PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN BROADCASTING DAN PERFILMAN DI SMKN 2 KEDIRI

  • Viona Ardira Clarisa Putri Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran desain grafis kelas XI broadcasting & perfilman di SMKN 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif penelitian Quasi Experimental Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI BPF yang terdiri atas 35 siswa kelas XI BPF 1 sebagai kelompok eksperimen dan 34 siswa kelas XI BPF 2 sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan uji validitas isi dan reliabilitas menggunakan koefisien kappa yang dinilai oleh rater lalu kemudian uji t untuk uji hipotesis dengan prasyarat data harus diuji homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran desain grafis kelas XI Broadcasting & Perfilman di SMKN 2 Kediri. Hal tersebut dapat terlihat dengan hasil uji t variabel keaktifan diperoleh hasil thitung lebih besar daripada ttabel yakni 2,281 > 1,6679. Kemudian untuk hasil uji t terhadap variabel hasil belajar juga diperoleh hasil yang sama yakni 1,9563 > 1,6679. Dalam perhitungan tersebut juga tampak bahwa rata-rata beda nilai pre-test & post-test kelompok eksperimen adalah 5,9714 sedangkan kelompok kontrol memperoleh rata-rata beda nilai pre-test & post-test sebesar 3,6747 sehingga kelompok eksperimen mengalami peningkatan lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran desain grafis kelas XI program keahlian Broadcasting & Perfilman di SMKN 2 Kediri.

Published
2023-05-24
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 136