PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI FOTOGRAFI MATA PELAJARAN DASAR-DASAR BROADCASTING KELAS X BROADCASTING DAN PERFILMAN SMKN 2 KEDIRI

Authors

  • Mareta Lusiana Widyawati Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Mariono Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar peserta didik materi Fotografi kelas X Broadcasting dan Perfilman SMKN 2 Kediri. 2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik materi Fotografi kelas X Broadcasting dan Perfilman SMKN 2 Kediri. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experiment Design. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik pengambilan data observasi digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan peserta didik. Sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dalam uji hipotesis menunjukkan pada keaktifan peserta didik diperoleh hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,586 > 2,0017. Sedangkan pada hasil belajar peserta didik diperoleh thitung 8,914 lebih besar dari ttabel 2,0017. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajarn kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik materi Fotografi kelas X Broadcasting dan Perfilman SMKN 2 Kediri

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-24
Abstract views: 116 , PDF Downloads: 80