PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS LMS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERALATAN AUDIO VIDEO (PAV) KELAS X BROADCASTING DAN PERFILMAN SMK NEGERI 2 KEDIRI

  • Deanita Fitriana Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Utari Mariono Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Pengaruh pemanfaatan media e-learning berbasis LMS Google Classroom terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi PAV kelas X Broadcasting dan Perfilman SMKN 2 Kediri. 2) Pengaruh pemanfaatan media e-learning berbasis LMS Google Classroom terhadap hasil belajar peserta didik pada materi PAV kelas X Broadcasting dan Perfilman SMKN 2 Kediri. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experiment Design. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes. Teknik pengambilan data angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar peserta didik. Sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dalam uji hipotesis menunjukkan pada motivasi belajar peserta didik diperoleh hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 7,304 > 1,671. Sedangkan pada hasil belajar peserta didik diperoleh thitung 9,401 lebih besar dari ttabel 1,671. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media e-learning berbasis LMS Google Classroom terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik materi PAV kelas X Broadcasting dan Perfilman SMKN 2 Kediri

Published
2023-05-30
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 22