PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS UNTUK KELAS X DI SMKN 1 JOMBANG

Authors

  • Afrida Amalia Husna Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Kristanto Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video tutorial untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Multimedia di SMKN 1 Jombang yang akan digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran dasar desain grafis. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ialah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Jenis data yang digunakan ialah data kualitatif dan kuantitatif dengan desain uji coba one group pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan tes. Sasaran penelitian yaitu 36 peserta didik kelas X Multimedia SMKN 1 Jombang. Hasil uji validitas ahli materi 89,22%, uji valditas ahli desain pembelajaran 92,5%, uji validitas ahli media 93,33%, sedangkan hasil uji coba perseorangan mendapat 90,22%, uji coba kelompok kecil 87,77%, uji coba kelompok besar 86,85%. Hasi tersebut berada pada rentang nilai 86%-100% kategori sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Analisis data pretest dan posttest diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) 0.000 ? 0,05 dengan nilai rerata pretest 53,33 dan hasill nilai posttest 87,63. Maka hal ini berarti terjadi peningkatan dan perbedaan terhadap hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa media video tutorial ini layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas X Multimedia SMKN 1 Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-08
Abstract views: 44 , PDF Downloads: 34