PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN KELAS XI MULTIMEDIA SMKN 1 GEMPOL

  • Ericka Fasa Anjeli S-1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto S-1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

 Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, sekaligus membantu kendala dalam proses pembelajaran desain grafis percetakan kelas XI Multimedia SMKN 1 Gempol, peneliti memberikan solusi untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan optimal melalui pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan problem based learning mata pelajaran desain grafis percetakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk disajikan pada mata pelajaran desain grafis percetakan dan mengetahui keefektifan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model DDD-E dengan subjek uji coba peserta didik kelas XI Multimedia 1 SMKN 1 Gempol. Uji kelayakan materi mendapatkan hasil 91,6% yang termasuk dalam kategori sangat layak, uji kelayakan media mendapatkan hasil 100% menunjukkan kategori sangat layak, uji kelayakan oleh pengguna mendapatkan hasil 85,8% yang menunjukkan kategori sangat layak. Keefektifan multimedia interaktif diperoleh dari uji N-Gain sebesar 0,97 atau 97% yang masuk dalam kategori tinggi atau efektif. Kesimpulan dari hasil yang didapatkan adalah hasil multimedia interaktif dengan pendekatan problem based learning mata pelajaran desain grafis percetakan layak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran desain grafis percetakan SMKN 1 Gempol.

Published
2023-06-12
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 22