PENGEMBANGAN MOTION GRAPHIC VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERISTAS NEGERI SURABAYA MATERI TEKNIK PEREKAMAN SUARA
Abstract
Penelian ini bertujuan untuk mengetahui (1) media Motion Graphic Video Materi Teknik
Perekaman Suara layak digunakan untuk mata kuliah Pengembangan Medi a Audio/Radio
pada Prodi S1 Teknologi Pendidikan Unesa (2) ) media Motion Graphic Video Materi Teknik
Perekaman Suara efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi Teknik
Perekaman Suara mata kuliah Pengembangan Motion Graphic Video Prodi S1 Teknologi
Pendidikan Unesa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan
ADDIE oleh Branch (2010). Model penelitian menggunakan model kuantitatif dengan Quasi
Eksperimental Design Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design . Hasil analisis untuk
kelayakan media berupa validasi ahli materi diperoleh presentase 88%, ahli media dengan
presentase 92%, uji coba perorangan dengan presentase 81,11%, uji coba kelompok kecil dengan
presentase 82,22%, dan uji coba kelompok besar denga n presentase 84,52%. Berdasarkan hasil
presentase tersebut termasuk kriteria sangat baik sehingga media Motion Graphic Video materi
Teknik Perekaman Suara dinyatakan layak. Sedangkan hasil analisis untuk kefektifan media
pada uji lapangan dengan melakukan tes mendapat hasil t hitung = 8,21 > t tabel = 1,664. Yaitu
terdapat perbedaan yang siginifikan pada perhitungan post test pada kelas kontrol dan kelas
eksperimen sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini efektif untuk digunakan dalam
kegiatan pembela jaran.
Kata
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

