PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MANIPULASI GAMBAR VEKTOR MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X MULTIMEDIA DI SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO

  • Vila Rochmalia S-1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Lamijan Hadi Susarno S-1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengatasi masalah belajar yang ada pada peserta didik kelas X Multimedia di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Terbatasnya bahan ajar dan media pembelajaran menjadi kendala peserta didik dalam belajar mandiri. Tujuan dari pengembangan ini adalah mengetahui kelayakan multimedia tutorial untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Multimedia di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE dengan subjek uji coba peserta didik kelas X Multimedia di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Pada teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, angket, serta tes praktek (pre-test dan post-test). Berdasarkan hasil validasi kelayakan didapatkan hasil presentase 87% dari ahli desain pembelajaran, 93% dari ahli materi, 94% dari ahli media, 93% dari uji coba perorangan, 94% dari uji coba kelompok kecil dan 92% dari uji coba kelompok besar. Dari hasil presentase tersebut dikualifikasikan memiliki kategori sangat baik. Kemudian dari hasil uji t post-test kelas kontrol dan post-test kelas eksperimen diperoleh hasil 0,00 < 0,05. Dengan demikian hasil pre-test dan post-test tersebut mengalami perbedaan hasil belajar yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia tutorial materi manipulasi gambar vektor mata pelajaran dasar desain grafis kelas X Multimedia di SMKN 1 Sooko Mojokerto dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar.

Published
2023-06-08
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 37