EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MATERI PERENCANAAN DOKUMENTASI VIDEO DI KELAS X SMK NEGERI 7 SURABAYA

Authors

  • Alberto Christian Silitonga S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Lamjian Hadi Susarno S-1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang didapat dalam penerapan model pembelajaran Flipped Classroom pada peserta didik kelas X TAV di Sekolah SMK Negeri 7 Surabaya. Flipped Classroom sebagai salah satu model pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima pembelajaran. Pemahaman merupakan proses berfikir dan belajar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada data-data numeric (angka) yang diolah dengan metode statistik.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dimana dalam penelitian ini akan ditetapkan dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terdapat perbedaan rata-rata yang dihasilkan oleh kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dan kelas kontol dengan metode ceramah.Kelas kontrol hanya mendapatkan rata-rata post-test dengan nilai 67.17.Kelas eksperimen dengan model Flipped Classroom mendapatkan nilai 86,33. Berdasarkan Uji N-gain perolehan skor n-gain dari kelas kontrol hanya mendapatkan nilai 7 %. Sedangkan perolehan skor di kelas eksperimen adalah 80%. Hal ini menunjukkan berdasarkan tabel interpretasi n-gain),maka kelas eksperimen memiliki klasifikasi efektivitas yang tinggi.Sedangkan Kelas kontrol memiliki klasifikasi Efektivitas yang rendah. Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom memiliki efektivitas yang baik dalam pemahaman peserta didik di mata pelajaran video.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-16
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 96