PENGARUH PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMKN 8 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan terhadap keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMKN 8 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Partisipan penelitian terdiri dari peserta didik sejumlah 32 orang di kelompok eksperimen (XI DKV) dan 30 orang di kelompok kontrol (XI KC 1). Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan model PjBL, sedangkan kelompok kontrol menerima pembelajaran seperti biasanya menggunakan model direct instruction. Data keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar diperoleh melalui pretest dan posttest yang sebelumnya telah diuji validitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan Independent Samples t-test diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 untuk keterampilan kolaborasi dan 0,001 untuk motivasi belajar dimana lebih kecil dari nilai signifikasi yang ditetapkan (0,05). Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan model PjBL pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa model project based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMKN 8 Surabaya
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

