PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PRINSIP ANIMASI MATA PELAJARAN ANIMASI 2D 3D UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MULTIMEDIA 1 DI SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO

  • Imamatul Ummah Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Animasi 2D 3D kelas XI Multimedia 1 di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian RnD (Research and Development). Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, angket, dan tes. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Multimedia 1 yang berjumlah 31 peserta didik dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol yang berjumlah 15 peserta didik dan kelompok eksperimen yang berjumlah 16 peserta didik. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dan kemudian dilakukan uji T untuk menguji hipotesis dengan prasyarat data harus di uji homogentitas dan reliabilitasnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media multimedia interaktif terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Multimedia 1 di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Hal tersebut dapat di lihat dari hasil uji T yang mana diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) 0,003. Dengan demikian, nilai sig. (2-tailed) 0,003 ≤ 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Sehingga simpulan dari penelitian ini adalah media multimedia interakatif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI Multimedia 1 di SMKN 1 Sooko Mojokerto.

Published
2023-06-20
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 10