PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENJELASKAN MATERI JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET MATA PELAJARAN INFORMATIKA

  • Marchieta Almathea Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Mariono Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan mengidentifikasi dan menjelaskan pada materi jaringan komputer dan internet kelas X SMK Negeri 7 Surabaya.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment Design. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik pengambilan data observasi digunakan untuk memperoleh data tentang keterlaksaan model pembelajaran di kelas eksperimen. Sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan mengidentifikasi dan menjelaskan. Melalui pengujian uji t, didapatkan data hasil rata-rata nilai kemampuan mengidentifikasi dan menjelaskan kelas kontrol sebesar 73,67 sedangkan kelas eksperimen sebesar 85,32 dengan hasil data t.hitung sebesar -5,930 dan t.tabel sebesar 1.996. Artinya -t hitung < -t tabel. Maka dapat dikatakan model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi dan menjelaskan pada materi jaringan komputer dan internet pada peserta didik kelas X SMK Negeri 7 Surabaya.

Published
2023-06-20
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 119