PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DI SMK NEGERI 1 JOMBANG

  • Dwi Putri Kinanti Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Hirnanda Dimas Pradana Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif materi penggunaan perangkat lunak pengelolahaan gambar vector pada mata pelajaran dasar desain grafis kelas x di SMK Negeri 1 Jombang serta mengetahui keefektifan multimedia interaktif materi penggunaan perangkat lunak pengelolahaan gambar vector pada mata pelajaran dasar desain grafis kelas x di SMK Negeri 1 Jombang. Dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 Tahapan yakni Analyze (Analisis), Design (rancangan), Development(Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluate (Evaluasi).Menggunakan Teknik pengumpulan data kuisioner (angket) dan tes. teknik analisis data untuk kelayakan media menggunakan skala likert dan guna mengukur keefektifan menggunakan uji-t paired sample test dan N-gain Score. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest one group design dengan sasaran penelitian yaitu peserta didik kelas X MM 1 SMK Negeri 1 Jombang dengan jumlah 36 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil uji ahli materi 1 dengan nilai presentase sebesar 87,50 %,ahli materi 2 dengan nilai presentase sebesar 87,50% (sangat baik), ahli desain pembelajaran menapatkan nilai presentase sebesar 95%, ahli media mendapatkan nilai presentase sebesar 83,90% (baik) dan Uji coba perorangan mendapatkan nilai presentase sebesar 87% (sangat baik), Uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai presentase sebesar 85,2 % (sangat baik) Uji coba kelompok besar dengan presentase sebesar 85,90% (sangat baik). Hasil nilai normalitas dengan nilai pre-test sig 0,223 > 0,05 dan post-test sig 0,054 > 0,05. Maka data pre-test dan post-test terdistribusi normal, lalu dalam perhitungan Uji T dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) 0.000 ≤ 0.05 dan nilai thitung sebesar 17.996 > 2.030. terakhir hasil mean dari N Gain score yakni 0,73 atau 73% yang termasuk kategori tinggi dan cukup efektif. disimpulkan Multimedia inetraktif layak dan efektif.
Kata Kunci :Pengembangan, Multimedia interaktif, Dasar Desain Grafis, Hasil Belajar

Published
2023-06-20
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 21