PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PENGGUNAAN CORELDRAW GAMBAR BENTUK DAN PERSPEKTIF PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN UNTUK KELAS XI MULTIMEDIA DI SMKS KETINTANG SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) media video pembelajaran layak digunakan untuk memahami materi gambar bentuk dan perspektif kelas XI Multimedia SMKS Ketintang Surabaya (2) media video pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gambar bentuk dan perspektif mata pelajaran Desain Grafis Percetakan kelas XI Multimedia SMKS Ketintang Surabaya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini, memiliki lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik observasi ditujukan untuk mengamati keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Kemudian, teknik tes digunakan untuk memperoleh data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI program keahlian Multimedia SMKS Ketintang Surabaya. Hal tersebut dapat terlihat dengan hasil diketahui nilai ttabel dengan taraf signifikan = 2,030. Karena thitung= 6,215 > ttabel=2,030 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Kesimpulan penelitian dan pengembanganini adalah bahwa pembuatan media video pembelajaran materi prinsip gambar bentuk, dan perspektif pada mata pelajaran desain grafis percetakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)