PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK INTERAKTIF MATERI TEORI MASUKNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDHA DI INDONESIA UNTUK KELAS X SMK NEGERI 1 JABON
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk yang layak dan efektif. Produk yang dikembangkan
adalah media flipbook interaktif tentang materi teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Budha di
Indonesia untuk kelas X SMK Negeri 1 Jabon. Model pengembangan menggunakan ADDIE (Analyze, Design,
Develop, Implementation, dan Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli media mencapai presentase
100%, dan validasi ahli materi presentasenya sebesar 86%. Presentase yang diperoleh dari validitas ahli
termasuk dalam kategori “sangat baik”, sehingga media flipbook interaktif layak digunakan dalam kegiatan
pembelajaran. Adapun Uji coba lapangan melibatkan 35 pesera didik kelas X DKV. Diperoleh nilai rata-rata
pretest sebesar 42,50 (Std. Deviasi= 7.308) dan posttest sebesar 83,53 (Std. Deviasi= 6,575). Nilai rata-rata
pretest lebih kecil dibandingkan nilai posttest. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai t sebesar -41,029
(df=33) dan nilai signifikansinya 0,000. Angka signifikansi menunjukkan nilai lebih kecil daripada 0,05 (0,000
< 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan nilai kognitif atau pengetahuan peserta didik
setelah menggunakan media pembelajaran flipbook interaktif.
PDF Downloads: 149