PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK INTERAKTIF MATERI TEORI MASUKNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDHA DI INDONESIA UNTUK KELAS X SMK NEGERI 1 JABON

  • Iqbal Pratama Fajar Akbar Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Bachtiar Syaiful Bachri Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk yang layak dan efektif. Produk yang dikembangkan
adalah media flipbook interaktif tentang materi teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Budha di
Indonesia untuk kelas X SMK Negeri 1 Jabon. Model pengembangan menggunakan ADDIE (Analyze, Design,
Develop, Implementation, dan Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli media mencapai presentase
100%, dan validasi ahli materi presentasenya sebesar 86%. Presentase yang diperoleh dari validitas ahli
termasuk dalam kategori “sangat baik”, sehingga media flipbook interaktif layak digunakan dalam kegiatan
pembelajaran. Adapun Uji coba lapangan melibatkan 35 pesera didik kelas X DKV. Diperoleh nilai rata-rata
pretest sebesar 42,50 (Std. Deviasi= 7.308) dan posttest sebesar 83,53 (Std. Deviasi= 6,575). Nilai rata-rata
pretest lebih kecil dibandingkan nilai posttest. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai t sebesar -41,029
(df=33) dan nilai signifikansinya 0,000. Angka signifikansi menunjukkan nilai lebih kecil daripada 0,05 (0,000
< 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan nilai kognitif atau pengetahuan peserta didik
setelah menggunakan media pembelajaran flipbook interaktif.

Published
2023-06-22
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 149