PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRODUKSI VIDEO IKLAN PRODUK PADA MATERI PELUANG USAHA, MATA PELAJARAN PKK KELAS XI TAV SMKN 7 SURABAYA

  • Rivaldo Irfansyah Hafidh Saputra Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Alim Sumarno Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan media Video Pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan siswa pada mata pelajaran PKK materi peluang usaha video iklan produk kelas XI TAV di SMK Negeri 7 Surabaya.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang memiliki lima tahapan diantaranya, analisis (analyze), desain (design),pengembangan (Development) ,Implementasi (Impelmentation) dan evaluasi (evaluation) .Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) dan tes keterampilan . . Sedangkan teknik analisis data angket kelayakan media menggunakan skala gutman dan teknik analisis data tes menggunakan uji-t paired sample test. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest one group design dengan sasaran penelitian yaitu peserta didik kelas XI TAV SMK Negeri 7 Surabaya sejumlah 37 peserta didik.
Hasil uji validasi ahli materi sebesar 100%, uji validasi ahli media sebesar 100%, sedangkan hasil uji coba individu sebesar 100%, uji coba kelompok kecil 100%, uji coba kelompok besar 100%. Hasil uji validasi tersebut termasuk dalam kategori baik tanpa revisi dengan rentang nilai 50%-100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media video pembelajaran materi peluang usaha video iklan produk layak digunakan dalam pembelajaran. Kemudian hasil analisis data pretest-posttest memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.000 ≤ 0.05 dan thitung = 41.334 > ttabel = 1.68830, sedangkan pada perhitungan rerata tes, diperoleh nilai rerata posttest yaitu 85,14 lebih tinggi dari rerata pretest peserta didik yaitu 43,24. Maka artinya terdapat perbedaan dan peningkatan pemahaman yang signifikan pada peserta didik sebelum dan setelah diberikan video pembelajaran materi peluang usaha video iklan produk. Kesimpulannya adalah video pembelajaran materi peluang usaha video iklan produk layak digunakan pada mata pelajaran PKK dan efektif dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada mata pelajaran PKK kelas XI TAV di SMK Negeri 7 Surabaya.

Published
2023-06-23
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 38