PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM DESAIN KEMASAN PRODUK PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA KELAS XI TAV 1 SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • M Thoriq Al Isbach Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni (1) Menghasilkan media video interaktif yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TAV 1 SMK Negeri 7 Surabaya dalam desain kemasan Produk pada mata pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan. (2) Menguji keefektifan media video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TAV 1 SMK Negeri 7 Surabaya dalam Desain Kemasan Produk pada mata pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan. Model ADDIE; Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation adalah model yang digunakan dalam penelitian ini. Data validitas penelitian diperoleh dari validasi yang dilakukan oleh satu orang ahli media, satu orang ahli instruksional, dan satu orang ahli materi. Data kefektifan diperoleh dari pre-test dan post-test yang dilakukan kepada 37 siswa kelas XI TAV 1 SMKN 7 Surabaya. Data analisis menggunakan uji normalitas dan uji Wilcoxon dan uji N-Gain Score untuk data keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media oleh para ahli memperoleh nilai 100%, 100% dan 100% menjadikan media video interaktif layak digunakan untuk pembelajaran. Hasil uji N-Gain Score menunjukkan nilai rata-rata N-Gain Score adalah sebesar 90.5373 atau 90.5% yang termasuk kedalam kategori efektif, rata-rata didapatkan berdasarkan hasil yang diperoleh dari pre-test dan post-test yang sudah dilaksanakakn oleh siswa..

Published
2023-06-23
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 28