PENGEMBANGAN MOTION GRAPHIC VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA PADA MATERI EDITING MEDIA AUDIO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk video pembelajaran berbentuk motion graphic pada materi editing media audio, mata kuliah Pengembangan Media Audio/Radio, dan mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media tersebut terhadap hasil belajar mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan subjek penelitian mahasiswa angkatan 2021, prodi S1 Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Data-data dikumpulkan menggunakan instrumen angket untuk mengukur kelayakan media dan tes untuk mengukur keefektifan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa motion graphic video materi editing media audio layak digunakan dalam pembelajaran dengan rata-rata persentase kelayakan mencapai 91% dari validasi para ahli dan subjek uji coba. Hasil uji keefektifan media pada data pre-test dan post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen mendapatkan thitung = 8,166, selanjutnya dengan d.b. = 86 dan signifikansi 0,05 ditemukan ttabel = 1,663 sehingga nilai thitung > ttabel, maka disimpulkan bahwa motion graphic video materi editing media audio efektif untuk meningkatkan hasil belajar.