PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF MATERI ANALISIS BIAYA PRODUKSI PROTOTIPE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI TAV 1 DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Vivin Dwi Oktaviaranti Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Alim Sumarno Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berupa Modul Interaktif peserta didik
kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 7 Surabaya dengan materi kompetensi dasar
Menganalisis Biaya Produksi Prototipe; (2) mengukur kelayakan Modul Interaktif sebagai media pembelajaran
berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru PKK, peserta didik; dan (3) untuk mengetahui peningkatan
motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan Modul Interaktif. Penelitian ini menggunakan model
Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE, yaitu: 1) Analisis, 2)
Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Pada tahap pengembangan, kelayakan Modul
Pembelajaran Interaktif divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media, satu guru pkk, dan 38 peserta didik
kelas XI TPM 2 sebagai peserta didik uji coba lapangan. Pengukuran motivasi belajar peserta didik dilakukan
terhadap 37 peserta didik kelas XI TAV 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini
menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis secara deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul Interaktif sebagai media pembelajaran pada mata
pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dinyatakan dalam kategori Sangat Layak dengan skor rata-rata
4,72 oleh ahli materi, 4,71 oleh ahli media, 4,79 oleh guru PKK, dan 4,33 oleh peserta didik. Berdasarkan
analisis motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan Modul Interaktif diperoleh
peningkatan sebesar 9,56% dari 70,24% menjadi 79,80%. Pada uji t sampel berpasangan diperoleh t empiris
9,967, dengan sig. 0,000 yang menunjukkan perbedaan signifikan, sehingga kesimpulannya adalah
pengembangan Modul Interaktif dapat meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Published
2023-06-23
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 38