PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KREATIVITAS PADA MATERI PROSES PEMBUATAN VIDEO PENDEK MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELOLAAN AUDIO VIDEO KELAS XI DKV SMK NEGERI 1 JABON

  • Arssiyah Ellam Umaeroh Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada abad ke-21 siswa dituntut memiliki kemampuan mencipta dan membaharui (Creativity and Innovation Skills), dimana diharapkan siswa mampu mengembangkan kreativitas yang dimilikinya untuk menghasilkan berbagai terobosan yang inovatif. Tuntutan ini membuat guru maupun siswa harus beradaptasi dengan menciptakan suasana belajar yang memudahkan mencapai tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas pada materi proses pembuatan video pendek mata pelajaran teknik pengelolaan audio video kelas XI DKV SMKN 1 Jabon. Metode penelitian menggunakan pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI DKV 2 SMKN 1 Jabon. Untuk menganalisa data digunakan uji normalitas, uji paired sample t-test, serta uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai kreativitas siswa XI DKV 2 sesudah perlakuan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84,9 dan sebelum perlakuan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 41,25. Berdasarkan hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa kreativitas mengalami peningkatan; (2) Dari hasil perhitungan SPSS didapatkan nilai signifikasi uji paired sample t-test yaitu 0.000<0.5 sehingga Hâ‚€ ditolak dan Ha diterima; (3) Dari perhitungan SPSS didapatkan nilai mean dari N-Gain skor yaitu 0,7858>0,7 sehingga masuk kategori tinggi untuk perbedaan antara nilai pretest dan posttestnya sedangkan untuk presentasenya mendapatkan nilai 78,57 % >76 % sehingga masuk kategori efektif. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap kreativitas pada materi proses pembuatan video pendek mata pelajaran teknik pengelolaan audio video, dibuktikan dengan hasil uji n-gain yang menunjukkan perbedaan nilai pretest dan posttest yang tinggi dan perlakuan yg diterapkan efektif.

Published
2023-06-26
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 79