PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATERI SISTEM KOMPUTER BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X TAV SMKN 1 SIDOARJO

  • Vilda Nirma Aulia Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan modul elektronik berbasis flipbook untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi system computer kelas X TAV SMKN 1 Sidoarjo. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahapan diantaranya, analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) dan tes. Sedangkan teknik analisis data angket kelayakan media menggunakan skala likert dan teknik analisis data tes menggunakan uji-t independent sample test. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan sasaran penelitian yaitu peserta didik kelas X TAV SMKN 1 Sidoarjo sebanyak 30 peserta didik.
Kelayaan media diukur dari hasil perolehan data berupa angket validasi oleh para ahli dan hasil uji coba yang diujikan kepada peserta didik. Sedangkan keefektifan media diketahui dengan melakukan perhitungan uji t yang diperoleh dari pre-test dan post-test peserta didik. Hasil validasi dari ahli desain pembelajaran 85% dengan kategori sangat baik. Ahli materi 100% dengan kategori sangat baik sedangkan ahli media 95% dengan kategori sangat baik. Sedangkan uji coba perorangan sebesar 95%. Uji coba kelompok kecil sebesar 94,2% dengan kategori sangat baik. Uji coba kelompok besar sebesar 90,8% dengan kategori sangat baik. Maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan modul elektronik materi system computer berbasis flipbook ini layak digunakan pada proses pembelajaran. Lalu untuk hasil analisis data pre-test dan post-test memperoleh nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,005 hasil uji perhitungan uji t menghasilkan thitung > ttabel 5,883 > 1,7011. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik pada materi system computer berbasis flipbook efektif untuk meningkatkan pemahaman pada peserta didik kelas X TAV SMKN 1 Sidoarjo. Kesimpulannya ialah modul elektronik ini layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas X TAV SMKN 1 Sidoarjo

Published
2023-06-26
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 22