PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MATERI PENERAPAN WARNA PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Mohammad Alfiandi Putra Pratama Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Khusnul Khotimah Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelian ini bertujuan untuk mengetahui (1) media Video Materi Penerapan Warna layak digunakan untuk mata kuliah Pengembangan Media Grafis pada Prodi S1 Teknologi Pendidikan Unesa (2) media Video Materi Penerapan Warna efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Prodi S1 Teknologi Pendidikan Unesa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE oleh Branch (2010). Model penelitian menggunakan model kuantitatif dengan Desain penelitian ini menggunakan Random Pre-test, Post-test desain Two Group. Hasil analisis untuk kelayakan media berupa validasi SAP diperoleh presentase 92,3%, ahli materi diperoleh presentase 92,3%, ahli media dengan presentase 90,9%, uji coba perorangan dengan presentase 95,2%, uji coba kelompok kecil dengan presentase 96,8%. Berdasarkan hasil presentase tersebut termasuk kriteria sangat baik sehingga media Video materi Penerapan Warna dinyatakan layak. Sedangkan hasil analisis untuk kefektifan media pada uji lapangan dengan melakukan tes mendapat hasil thitung = 8,25 > ttabel = 1,99. Yaitu terdapat perbedaan yang siginifikan pada perhitungan post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Published
2023-06-26
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 50