PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATERI TATA CAHAYA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO/TELEVISI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Tujuan dari pengembangan media video animasi ini guna mengetahui kelayakan media video animasi untuk disajikan pada materi tata cahaya mata kuliah pengembangan media video/televisi dan mengetahui keefektifan media video animasi dalam proses pembelajaran pada materi tata cahaya mata kuliah pengembangan media video/televisi mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah menggunakan model ADDIE dengan subjek uji coba mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Data kelayakan media diperoleh dari hasil instrumen validasi ahli desain pembelajaran, materi dan media, serta uji coba produk, perorangan dan kelompok kecil. Data keefektifan media diperoleh dari hasil nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan analisis data, hasil validasi dari ahli media sebesar 95%, ahli materi sebesar 94%, dan ahli desain pembelajaran sebesar 95%. Hasil uji coba perorangan menunjukkan hasil 94%, uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil 82%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran video animasi layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pada tahap implementasi diperoleh dari hasil nilai pre-tets dan post-tets yang telah melalui analisis data uji t. dari analisis data uji t diperoleh hasil nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 di mana nilai ini besarnya kurang dari 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan signifikansi antara nilai post -test kelas kontrol dan post-test kelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi cukup efektif untuk membantu Mahasiswa dalam memahami materi tata cahaya
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 63
,
PDF Downloads: 53