PENGEMBANGAN MOTION GRAPHIC VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI RETORIKA KOMUNIKASI MATA KULIAH KOMUNIKASI PEMBELAJARAN PRODI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Refina Riantika Putri Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Khusnul Khotimah Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk “motion graphic” video untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi retorika komunikasi mata kuliah komunikasi pembelajaran dan mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media “motion graphic” video terhadap hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan ADDIE dengan subjek penelitian kelas 2022A Prodi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, dan tes. Hasil analisa data pengembangan Motion Graphic Video materi Retorika mata kuliah komunikasi pembelajaran didukung data (ahli materi= 94% ”Sangat Layak, ahli media= 94% “Sangat Layak, serta data uji coba perorangan =73% “ Layak, Uji coba kelompok kecil =85% “Sangat Layak, Uji coba kelompok besar= 89% “Sangat Layak ). Menunjukkan bahwa layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Diperkuat dengan hasil uji keefektifan media motion graphic video yaitu data pre test post test kelas kontrol dan kelas eksperimen pada uji t diperoleh sebesar sig.(2-tailed) 0,003 ≤ 0,005 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga media motion graphic video terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Pada perhitungan n-gain untuk mengetahui tingkat keefektifan media diperoleh hasil n-gain score (%) pada kelompok eksperimen sebesar 63,42% yang berarti media tersebut dalam kategori cukup efektif. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil persentase n-gain sebesar 53,5% dalam kategori kurang efektif. Merujuk pada hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media motion graphic video yang diterapkan “cukup efektif” digunakan dalam pembelajaran.

Published
2023-06-26
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 20