PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X AKL PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL DI SMK NEGERI 1 KEMLAGI
Abstract
Pada penelitian ini menunjukkan hasil kondisi lingkungan sekolah di daerah yang cukup terpencil sehingga sarana prasarana sekolah belum optimal dalam menunjang proses pembelajaran praktik di SMK tersebut, dan hal ini menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Selain itu,penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga diperlukan peningkatan kompetensi pendidik serta sarana dan prasarana pendukung pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari treatment pada subjek yang diselidiki. Dengan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan kelas kontrol yang memakai perlakuan biasanya yakni model pembelajaran konvensional. Pada uji T menggunakan rumus sample paired t-test dengan signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan model PJBL terhadap hasil belajar peserta didik kelas X-AKL pada materi interaksi sosial di SMK Negeri 1 Kemlagi dengan bukti uji T post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai t hitung t tabel 8,091>1,6669. Maka dapat disimpulkan bahwa (ho) dinyatakan ditolak dan (ha) dinyatakan diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model PjBL pada pembelajaran khususnya pada materi interaksi sosial. Dan berdasarkan hasil angket respon peserta didik terhadap pembelajaran materi interaksi sosial setelah menggunakan model PjBL memperoleh hasil baik.ini menunjukkan bahwa peserta didik lebih menyukai model PjBL yang sederhana dibandingkan dengan model pembelajaran yang sebelumnya.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

