PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MATERI TEKNIK GAMBAR SKETSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KELAS X DKV SMKN 1 JABON
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media video Tutorial Materi Teknik Gambar Sketsa pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMKN 1 Jabon. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg dan Gall yang memiliki sepuluh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) dan tes. Sedangkan teknik analisis data angket kelayakan media menggunakan skala likert dan teknik analisis data tes menggunakan uji-t paired sample test. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttetst one grup design dengan sasaran yaitu peserta didik kelas X DKV SMKN 1 Jabon sejumlah 30 peserta didik. Hasil uji validasi ahli materi sebesar 88,88% %, uji validasi ahli media sebesar 84,72%, uji validasi ahli desain pembelajaran 93,75%, sedangkan hasil uji coba individu sebesar 90%, uji coba kelompok kecil 87,5%, uji coba kelompok besar 86,08%. Hasil uji validasi tersebut termasuk dalam kategori sangat baik karna berada pada rentang nilai 81%-100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media video tutorial teknik gambar sketsa layak digunakan dalam pembelajaran. kemudian hasil analisis data pretest-posttest memperoleh nilai sig.(2-tailed) 0.000 ? 0.05 dan nilai thitung sebesar 15.504 > 2.042. kemudian pada perhitungan rerata tes, diperoleh nilai rerata posttest yaitu 86 lebih tinggi dari rerata pretest peserta didik yaitu rerata 43,67. Maka artinya terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik sebelum dan setelah diberikan media video tutorial teknik gambar sketsa. Kesimpulan yang diperoleh ialah media video tutorial teknik gambar sketsa layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran peserta didik kelas X DKV 2 SMKN 1 Jabon.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 72
,
PDF Downloads: 83