PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN VIDEOGRAFI MATERI NASKAH KELAS XI ANIMASI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Soleh Hudin Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Mustaji Mustaji Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan media video pembelajaran untuk materi naskah pada mata pelajaran Videografi kelas XI Animasi SMK Negeri 2 Surabaya. Model pengmbangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu, Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data berupa kuisioner (angket) dan tes. Sedangkan Teknik analisis data tes menggunakan skala guttman dan skala likert serta teknik analisi data tes menggunakan uji-t paired sample test. Desain yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pre-test post-test one group design dengan sasaran yaitu peserta didik kelas XI Animasi SMK Negeri 2 Surabaya. Hasil uji validasi ahli materi sebesar 96,67%, uji validasi media sebesar 92,50%, uji validasi desain pembelajaran sebesar 87,5% sedangkan hasil uji coba perorangan atau individu sebesar 85%, uji coba kelompok kecil sebesar 89%, dan uji coba kelompok besar sebesar 95,43%. Hasil uji validasi tersebut termasuk dalam kategori sangat baik karena berada pada rentang nilai 81%-100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media video pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran. Kemudian pada hasil analisis data pretest-posttest memperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 ≤ 0,05 dan nilai thitung sebesar 21,427 > 2,03224. Kemudian pada perhitungan rerata tes, diperoleh nilai rerata post-test yaitu 88,91 lebih tinggi dari rerata pre-test peserta didik yaitu 65,37. Maka artinya terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik sebelum dan setelah diberikan media video pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh adalah media video pembelajaran layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran peserta didik kelas XI Animasi SMK Negeri 2 Surabaya

Published
2023-06-26
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 35