PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTION GRAPHIC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DALAM MENGATUR MIKROFON PADA MATERI INSTALASI MIKROFON KELAS XI TAV DI SMKN 7 SURABAYA

  • Rizky Ramadhani Anwar Putri Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Bachtiar Syaiful Bachri Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran Motion graphic yang layak dan efektif untuk meningkatkan hard skill siswa dalam melakukan setup mikrofon pada mata pelajaran Instalasi Mikrofon kelas XI TAV di SMKN 7 Surabaya. Model ADDIE; Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation, digunakan dalam penelitian ini. Data validitas media diperoleh dari validasi yang dilakukan oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli desain instruksional, satu orang ahli media, dan enam orang siswa. Data keefektifan diperoleh dari pre-test dan post-test yang dilakukan kepada 33 siswa kelas XI TAV 1 SMK Negeri 7 Surabaya. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t untuk data keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas media yang dievaluasi oleh para ahli memperoleh nilai 90%, 94%, dan 95,5%. Penilaian oleh kelompok kecil siswa menghasilkan nilai rata-rata sebesar 90,6%. Oleh karena itu, media pembelajaran motion graphic dinilai sangat layak digunakan untuk pembelajaran. Hasil uji Gain Score menunjukkan adanya perbedaan dalam kategori sedang sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran motion graphic, dengan nilai Gain Score sebesar 0,3 ≤ 0,504 ≥ 0,7 berdasarkan pre-test dan post-test. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran motion graphic mikrofon pada mata pelajaran PISAV layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas XI TAV di SMK Negeri 7 Surabaya.

Published
2023-07-05
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 22