PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TIK MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X MANAJEMEN PERKANTORAN 2 DI SMKN 4 SURABAYA

  • Imara Yumna Nugrahani Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Citra Fitri Kholidya Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan media e-modul untuk materi teknologi informasi dan komunikasi pada mata pelajaran informatika kelas X MP 2 SMK Negeri 4 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahapan diantaranya, analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) dan tes. Sedangkan teknik analisis data angket kelayakan media menggunakan skala likert dan teknik analisis data tes menggunakan uji-t paired sample test. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest one group design dengan sasaran penelitian yaitu peserta didik kelas X MP 2 SMK Negeri 4 Surabaya s sejumlah 34 peserta didik. Hasil validasi media yang telah dilakukan ahli materi mendapatkan presentase 88% dan ahli media dengan presentase 96,67%. Serta uji coba produk yang telah dilakukan dan mendapatkan hasil uji coba individu sebesar 84,44%, uji coba kelompok kecil sebesar 88,83%, uji coba kelompok besar sebesar 89,11%. Dan dengan berdasarkan presentase tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media e-modul layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji validasi tersebut termasuk dalam kategori sangat baik dengan rentang nilai 81%-100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media e-modul teknologi informasi dan komunikasi layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil uji homogen terbukti lebih besar dari nilai signifikansi >0,05 yaitu menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,076. Maka data penelitian dapat dinyatakan homogen. Berdasarkan hasil data uji-t diperoleh nilai sig. 0.001 โ‰ค 0.05 dan nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” sebesar 28.735 > 2.03452. Dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil rata-rata nilai pretest peserta didik 49,21 dan posttest 84,97 dan dapat dilihat berdasarkan rata-rata nilai tersebut bahwa terjadi peningkatan terhadap nilai pre-test peserta didik setelah mendapatkan perlakuan pemebelajaran menggunakan e-modul informatika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-modul informatika berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MP 2 SMK Negeri 4 Surabaya.

Published
2023-07-06
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 54