IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH ALAM SEBAGAI PENANAMAN KARAKTER PADA PKBM SEKOLAH ALAM YAKASE JOMBANG

  • Nashiruddin Rifqi Ahmad Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Citra Fitri Kholidya Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Citra Fitri Kholidya Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter peserta didik melalui proses perumusan tujuan, materi, metode, organisasi dan evaluasi kurikulum PKBM Sekolah Alam YAKASE. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Untuk mengetahui implementasi kurikulum di PKBM Sekolah Alam YAKASE, penelitian menggunakan metode penelitian wawancara dengan kepala sekolah dan tenaga pengajar, observasi meliputi kegiatan pembelajaran di sekolah alam, dan studi dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Secara rinci hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, tujuan dari kurikulum PKBM Sekolah Alam YAKASE memberikan kebebasan peserta didik dalam menggali potensi bakat dan minatnya dan meningkatkan kualitas peserta didik dalam segi akhlaqul karimah; kedua, materi dijelaskan menjadi empat bagian yang digambarkan dengan mengasah kemampuan sesuai minat dan bakatnya, teknik komunikasi, perkembangan materi dan perkembangan akhlak.; ketiga, metode pembelajaran yang digunakan meliputi diskusi, permainan dan pembiasaan; keempat, organisasi tersusun menjadi kelas dasar, kelas akademik dan kelas skill; kelima, evaluasi melalui tes dan pengamatan dari fasilitator atau pendamping.

Published
2023-07-06
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 35