PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KELAS X SMK NEGERI 1 JABON

  • Wisnu Adityawarman Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Hari Sugiharto Setyaedhi Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penggunaan model pembelajaran Project Base Learning (PjBL), yang sering digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada jenjang SMK yang dalam penyampaian materinya seringkali menggunakan metode ceramah berupa penjelasan singkat mengakibatkan munculnya kesenjangan yang dijumpai Peneliti, antara kemampuan pemahaman penguasaan teori pada ranah kognitif peserta didik yang tidak sebanding dengan kompetensi keterampilan yang dinilai baik dimana pada ujian tahap akhir kelulusan jenjang SMK tidak hanya menilai dari ranah keterampilan saja melainkan juga pada ranah kognitif (pengetahuan). Maka perlu diterapkannya sebuah model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada ranah kognitif di kelas dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Script untuk mengatasi kesenjangan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Script dan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Script dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian Kuasi-Eksperimental dengan metode Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X DKV 1 SMK Negeri 1 Jabon yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi, lembar test dan lembar angket. Data hasil penelitian akan dihitung rata-rata dan dianalisis dengan menggunakan rumus PSA dan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh perbedaan signifikan Post-Test kelas Eksperimen dan Kontrol dengan perolehan hasil thitung sebesar 2,11 sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script terhadap hasil belajar dalam penguasaan teori siswa kelas X DKV 1 SMK Negeri 1 Jabon

Published
2023-07-07
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 49