PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI SUMBER ENERGI PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 6 BABADAN NGANJUK

  • DIO ROUF ALFANSURI Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Citra Fitri Kholidya Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan kelayakan dan keefektifan Video pembelajaran materi sumber energi pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN 6 BABADAN Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research & Development menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan pengembangan meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data kelayakan media menggunakan data yang didapatkan dari angket melalui subjek uji coba, meliputi ahli materi, ahli media dan teknik analisis data keefektifan media pembelajaran menggunakan uji-T. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan sasaran penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN 6 BABADAN Nganjuk yang berjumlah 6 peserta didik.
Berdasarkan validasi materi diperoleh hasil sebesar 90% dan validasi media sebesar 60%. Kemudian hasil uji coba pengguna pada perorangan diperoleh hasil sebesar 82%, pada kelompok kecil sebesar 81% dan pada kelompok besar sebesar 80%. Sementara itu hasil perhitungan uji t diperoleh yang menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 59,926 > 2,776. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran efektif digunakan untuk mata pelajaran tematik materi sumber energi kelas IV di SDN 6 BABADAN Nganjuk.

Published
2023-07-10
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 22