PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI NOOTO O KAIMASU PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG KELAS XI JURUSAN BAHASA DI SMAN 1 WONOAYU

  • Ivonne Permata Surya Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Alim Sumarno Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif materi Nooto o Kaimasu yang layak dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan ADDIE. Adapun langkah pengembangan adalah Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, Evaluasi. Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan multimedia interaktif pada media mendapatkan persentase 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Ahli materi mendapatkan persentase 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba yang dilakukan secara perorangan 3 siswa mendapatkan persentase 100%. Uji coba kelompok kecil dengan 6 siswa mendapatkan persentase sebesar 97.2% dan uji coba lapangan mendapatkan persentase sebesar 92,7%. Ketiga uji coba ini memperoleh hasil kualifikasi sangat baik dan sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran. Adapun hasil analisis data untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran dengan uji t diperoleh hasil p-value sebesar 0,00 dimana nilai ini kurang dari 0.05. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan posttest peserta didik kelas XI Jurusan Bahasa di SMA Negeri 1 Wonoayu. Hasil tes menunjukkan bahwa secara keseluruhan rata-rata peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik yaitu 64,99% atau 0.65 dalam kategori sedang dengan tafsiran cukup efektif. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif menggunakan model pengembangan ADDIE telah digunakan dengan baik. Multimedia interaktif layak dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jepang kelas XI Jurusan Bahasa di SMA Negeri 1 Wonoayu.

Published
2023-07-10
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 25