PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN ANIMASI 2D UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 KEMLAGI MOJOKERTO

  • Widanto Jati Kusuma Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Mustaji Mustaji Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

Ketersediaan media pembelajaran didalam kegiatan proses pembelajaran harus bisa mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan. (2) mengetahui respon peserta didik. (3) mengetahui keefektifan terhadap e-modul berbasis project based learning mata pelajaran animasi 2D khususnya pada kompetensi pembuatan gambar obyek sederhana di kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Jenis pengembangan ini adalah pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikemukakan oleh Dick & Carry meliputi tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dalam pengembangan ini jenis data yang digunakan yakni data kuantitatif dan data kualitatif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil produk pada pengembangan ini berupa e-modul berbasis project based learning mata pelajaran animasi 2D. Hasil dari pengembangan ini: (1) Produk e-modul berbasis project based learning mata pelajaran animasi 2D telah dinyatakan layak sebagai penunjang pembelajaran berdasarkan hasil validasi dari ahli media dengan rata-rata persentase 96% dengan kategori “sangat layak”, ahli materi dengan rata-rata persentase 92% dengan kategori “sangat layak”, dan ahli desain pembelajaran dengan rata-rata persentase 96% dengan kategori “sangat layak”. (2) Produk e-modul berbasis project based learning mata pelajaran animasi 2D mendapatkan respon baik atau positif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil angket respon peserta didik dengan rata-rata persentase 91% dengan katergori “sangat layak”. (3) keefektifan e-modul berbasis project based learning mata pelajaran animasi 2D dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik berdasarkan data hasil evaluasi pre-test dan post-test.

Published
2023-07-13
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 13