EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK YAPALIS KRIAN
Abstract
Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum baru tentu menjadi tantangan baru bagi sekolah dan guru. Oleh
karena itu, perlu dilakukan peninjauan atau e valuasi pada implementasi kurikulum tersebut di sekolah, termasuk
di SMK Yapalis Krian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi Kurikulum Merdeka di
SMK Yapalis Krian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian evaluasi dengan metode kualitatif.
Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP, yang mencakup empat aspek evaluasi, yaitu context , input ,
process , dan product . Hasil evaluasi dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Evaluasi Konteks: Kepala
sekolah dan guru SMK Yapa lis Krian telah menerima pembekalan yang cukup terkait dengan kurikulum
merdeka dan Tujuan operasional satuan pendidikan dan program keahlian SMK Yapalis Krian telah disesuaikan
dengan kebutuhan industri. Evaluasi Input: SMK Yapalis Krian telah merancang s trategi dan bekerja sama
dengan industri untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Selain itu, sekolah juga telah menambah
sarana dan prasarana yang diperlukan. Evaluasi Proses: Pengorganisasian pembelajaran pada implementasi
Kurikulum Merdeka belum sepenuhnya sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor
262/M/20. Pembelajaran intrakurikuler yang berpusat pada peserta didik di SMK Yapalis Krian tidak dapat
dianalisis sepenuhnya. Evaluasi Produk: Hasil implementasi Kurikulum Merdeka belum dapat dilihat secara
komprehensif karena memerlukan penilaian yang lebih mendalam.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

