PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF MATERI INTEGRASI KONTEN APLIKASI PERKANTORAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 SIDOARJO

Authors

  • Suci Fitriana Ningsih Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Irena Yolanita Maureen Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media buku digital interaktif materi integrasi konten aplikasi perkantoran pada mata pelajaran informatika kelas X TAV SMKN 1 Sidoarjo.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Luther-Sutopo yang memiliki enam tahapan diantaranya, konsep (concept), desain (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan penyebaran (distribution). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan tes. Sedangkan teknik analisis data angket kelayakan media menggunakan skala likert dan teknik analisis data tes menggunakan uji-t paired sample test. Desain penelitian ini menggunakan one group design pretest-posttest dengan sasaran penelitian yaitu peserta didik kelas X TAV 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo sejumlah 36 peserta didik.
Hasil uji validasi ahli materi sebesar 97,5%, uji validasi ahli media sebesar 100%, uji validasi ahli desain pembelajaran sebesar 96,8%, sedangkan hasil uji coba peserta didik 89,7%. Hasil uji validasi tersebut termasuk dalam kategori sangat baik dengan rentang nilai 81%-100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media buku digital interaktif materi integrasi konten aplikasi perkantoran layak digunakan dalam pembelajaran. Kemudian hasil analisis data pretest-posttest memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.000 ? 0.05 dan t hitung = 16.872 > t tabel = 2.030, sedangkan pada perhitungan rerata tes, diperoleh nilai rerata posttest yaitu 77,5 lebih tinggi dari rerata pretest peserta didik yaitu 45. Artinya terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik sebelum dan setelah diberikan media buku digital interaktif materi integrasi konten aplikasi perkantoran. Kesimpulannya adalah buku digital interaktif materi integrasi konten aplikasi perkantoran layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada peserta didik kelas X TAV SMK Negeri 1 Sidoarjo

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-13
Abstract views: 64 , PDF Downloads: 143