PENGEMBANGAN MODUL CETAK BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN MANAJEMEN PRODUKSI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMKN 1 SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media modul cetak berbasis Cooperative Learning materi teknik bloking pada mata pelajaran manajemen produksi kelas XII PSPT SMKN 1 Surabaya dengan menggunakan model pengembangan R&D menurut Sugiyono.
Kelayaan media diukur dari hasil perolehan data berupa angket validasi oleh para ahli dan hasil uji coba dengan menggunakan skala likert. Sedangkan keefektifan media modul cetak dapat diketahui dengan melakukan perhitungan uji t independent t test Pollen Varians yang diperoleh dari pre-test dan post-test peserta didik. Hasil dari perhitungan validasi dan uji coba diperoleh hasil kategori sangat baik dengan melakukan revisi sehingga modul dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Pada uji validitas dan reliabilitas butir soal dinyatakan valid dan sudah reliable.
Pada uji normalitas dan homogenitas hasil perhitungan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan taraf signifikan 5%. Kemudian pada hasil perhitungan uji t menghasilkan t hitung > t tabel = 6,572 > 1,68595. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan secara signifikan pada post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Cetak, Teknik Bloking, Manajemen Produksi, R&D
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

