PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS WEB MATERI PROSEDUR PENULISAN NASKAH VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN VIDEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI ANIMASI DI SMKN 2 SUARABAYA

  • Nur Ilmiatin Nafia Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Syaputra Wahyuda Meisa Diningrat Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

Abstrak
Berdasarkan hasil analisis ditemukan permasalahan yang mempengaruhi ketuntasan belajar peserta didik pada materi Prosedur Penulisan Naskah Video kelas XI Animasi yaitu terbatasnya media pembelajaran dan pemanfaatan media youtube ternyata tidak mampu untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menciptakan suatu produk by design yaitu media Mobile Learning yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi Prosedur Penulisan Naskah Video sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan Lee & Owens. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI Animasi SMKN 2 Surabaya yang dibagi menjadi dua kelas yaitu Kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji-t digunakan untuk menganalisis data hasil tes dan menguji pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar peserta didik di aspek kognitif. Persentase mengenai kelayakan media melalui evaluasi dengan ahli terkait diperoleh 98,7% layak untuk materi, 92,85% layak untuk media, dan 83,6% layak untuk RPP. Uji t pada dua kelas melalui pre test dan post test pada tingkat signifikan 5% diperoleh ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ 2,0595. Uji t pre test yang melibatkan dua kelas menunjukkan ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” < ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ dengan nilai 0,348<2,0595. Disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test kelompok eksperimen dan kontrol. Sedangkan pada uji t pada post test kedua kelas menunjukkan ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ dengan nilai 3,18>2,0595. Disimpulkan hasil post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan.
Kata Kunci: Pengembangan, Mobile Learning, Hasil Belajar

Published
2024-04-18
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0