PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN LEARNING ENGLISH LESSONS BOOK 1 FOR FIRST GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI PADA MATA PELAJARAN ENGLISH LESSONS KELAS VII PADA PONDOK PESANTREN MODERN ALKAUTSAR ASKANDARIYAH SUMBER

  • A.M Fathulloh Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • utari Dewi Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

Abstrak
Penelitian Pengembangan Modul Pembelajaran Learning English Lessons Book 1 For First Grade Students of Junior High School didasari atas dibutuhkanya sumber belajar untuk mata pelajaran English Lessons kelas VII di Pondok Pesantren Modern ALKAUTSAR Askandariyah Sumbersari, Srono, Banyuwangi. Modul ini dikembangan untuk meningkatkan hasil belajar santri kelas VII dalam memenuhi kompetensi yang telah ditentukan oleh kurikulum internal Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah yaitu, 1) Dapat membaca (Reading) atas materi yang diajarkan, 2) Dapat menjelaskan (Explanating) atas materi yang diajarkan dan 3) Dapat memberikan contoh (Exampling) atas materi yang diajarkan. Mata pelajaran English Lessons merupakan mata pelajaran internal di Pondok Pesantren Modern ALKAUTSAR Askandariyah yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan bahasa Inggris secara linguistik kepada santri, adapun materi yang diajarkan berupa materi Introduction yang mengajarkan tata cara berkenalan dengan orang lain dan materi Conversation yang mengajarkan tata cara berinteraksi dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Penelitan pengembangan modul pembelajaran ini dilaksanakan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahapan-tahapan Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa hasil uji kelayakan oleh ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli pengembangan modul mendapatkan presentase 100% sehingga hasil tersebut masuk kepada kategori sangat layak. Kemudian pada hasil uji efektivitas didapatkan hasil t tabel = ,7272 > 1,717 Sehingga dapat ditarik kesimpulan dari data hasil belajar dengan meggunakan media modul pembelajaran pada mata pelajaran English Lessons kelas VII di Pondok Pesantren Modern ALKAUTSAR Askandariyah Sumbersari, Srono, Banyuwangi telah mengalami peningkatan sehingga media modul tersebut dapat dinyatakan efektif dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Modul Pembelajaran, ENGLISH LESSONS

Published
2024-04-18
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0