Pengembangan Media Video Animasi Berbahasa Jawa Pada Materi Aksara Jawa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di SMKS Ketintang Surabaya

  • Fita Fitrianingrum Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Irena Yolanita Maureen Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media video animasi berbahasa jawa pada materi Aksara Jawa yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di SMKS Ketintang Surabaya. Landasan yang digunakan dalam mengembangkan produk video yakni menggunakan model Borg and Gall tahun 1983. Instrumen yang digunakan untuk mengukur video animasi adalah angket yang divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran dan juga ahli media untuk menguji keefektifan media video animasi kepada siswa kelas X di SMKS Ketintang Surabaya. Uji keefektifan dihitung dengan menggunakan Uji T. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa media video animai berbahasa jawa pada mata pelajaran Aksara Jawa dinyatakan efektif dengan hasil Uji T yakni 0,003 yang berarti terdapat perbedaan hasil rata-rata hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada media video animasi ini juga dikatakan layak karena kelayakan media diukur dari hasil perolehan data berupa angket validasi oleh para ahli dengan menggunakan skala likert. Validasi pada ahli materi mendapatkan persentase 100%, ahli pembelajaran mendapatkan persentase 90,76%, dan untuk ahli media mendapatkan persentase yakni pada tahap 1 mendapatkan persentase 96% dan pada tahap 2 mendapatkan persentase 100%.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Video, Aksara Jawa, R&D

Published
2024-04-18
Abstract Views: 1
PDF Downloads: 1