PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK SUBSTANSI GENETIKA KELAS XII SMA NEGERI 1 PUNCU KAB.KEDIRI

  • Ade Icha Damayanti Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Andi Kristanto Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif materi pokok substansi genetika pada mata pelajaran biologi kelas XII SMA Negeri 1 Puncu. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XII IPA 2 dan IPA 4 SMA Negeri 1 Puncu Kediri sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data untuk kelayakan media menggunakan skala likert dan untuk mengukur keefektifan menggunakan uji paired sample T test.
Hasil menunjukkan bahwa presentase penilaian uji kelayakan ahli materi sebesar 100%, ahli media sebesar 95% dan bahan penyerta sebesar 100%, uji coba perorangan sebesar 91.25%, uji coba kelompok kecil sebesar 96.46%, dan uji coba lapangan sebesar 89.53%.
Hasil tersebut termasuk dalam kriterian penilaian sangat bagus/layak. Pada uji keefektivan dengan menggunakan uji t memperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) 0.000 ≤ 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk mata pelajaraan biologi materi pokok substasi genetika kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Puncu Kediri.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Biologi, Kelayakan Multimedia

Published
2024-04-18
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 3