PENGEMBANGAN MOTION GRAPHIC VIDEO MATERI PRINSIP MEMORI PADA MATA KULIAH DESAIN PESAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Dwi Melati Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • khusnul khotimah Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media motion graphic
video materi prinsip memori. Yang dikembangkan dengan model ADDIE meliputi tahapan: A (Analisis),
D (Desain), D (Pengembangan), I (Implementasi), E (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara, angket, dan tes. Dengan teknik analisis data angket menggunakan skala likert, dan
teknik analisis data tes menggu nakan uji t independent t test . D an d esain penelitian yang digunakan adalah
desain pre test post test control group , dengan sasaran penelitian mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Unesa
angkatan 2023. Adapun hasil kelayakan media motion graphic video diperoleh dari angket hasil ahli materi
93%, ahli desain pembelajaran 92%, ahli media 90,66%, uji coba perorangan 92,66%, uji coba kelompok
kecil 82,8%, dan uji coba kelompok besar 84,2%. Kemudian hasil analisis data pr etest posttest kelompok
kontrol dan eksperimen memperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,004 < 0,05, sedangkan pada perhitungan
rerata tes, diperoleh kelas eksperimen memiliki peningkatan yang lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Yang artinya terdapat per bedaan dan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Kesimpulan nya media
motion graphic video materi prinsip memori layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil
belajar mahasiswa semester 2 di jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan, Motion Graphic Video, ADDIE, hasil belajar.

Published
2024-04-18
Abstract Views: 3
PDF Downloads: 0