ANALISIS BUTIR SOAL US (UJIAN SEKOLAH) MATA PELAJARAN BIOLOGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMA NEGERI 1 NGIMBANG

  • Kinanti Wulan Suci Marganing Rahayu Ganda Atmaja Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Atan Pramana Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil analisis butir soal yang meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda, keefektifan pengecoh, validitas dan reliabilitas pada butir soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Biologi Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Ngimbang. Penelitian ini berfokus pada analisis butir soal, sehingga dapat diketahui tingkat kesukaran, daya pembeda, keefektifan pengecoh, validitas dan reliabilitas pada butir soal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa butir soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Biologi Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Ngimbang telah memiliki kesesuaian dengan RPP, Silabus dan tujuan pembelajaran.
Hasil uji analisis butir soal menunjukkan bahwa tingkat kesukaran soal memiliki 16 soal kategori sukar, 18 soal kategori sedang dan 1 soal kategori mudah. Uji daya pembeda memiliki 10 soal kategori sangat jelek, 11 soal kategori jelek, 13 soal kategori cukup dan 1 soal kategori baik. Pada uji keefektifan pengecoh, terdapat 14,29% berkategori jelek, 34,29% berkategori kurang baik, 37,14% berkategori baik, dan 14,29% berkategori sangat baik. Butir soal yang digunakan pada Ujian Sekolah mata pelajaran Biologi Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Ngimbang memiliki tingkat validitas yang sangat rendah serta hanya 8 butir soal yang valid untuk diujikan, sedangkan 27 butir soal lainnya tidak valid. Untuk reliabilitasnya, butir soal tersebut dinyatakan tidak reliabel karena hasilnya yang sangat rendah.
Kata Kunci: analisis butir soal, kesukaran soal, daya pembeda, keefektifan pengecoh, validitas, reliabilitas

Published
2024-04-18
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 5