PENGARUH PEMANFAATAN APLIKASI IPUSNAS TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK NOVEL SISWA KELAS X DKV DI SMK KETINTANG SURABAYA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar aplikasi iPusnas terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik novel pada siswa kelas X DKV SMK Ketintang Surabaya. Populasi siswa kelas X DKV SMK Ketintang Surabaya berjumlah 99 Siswa. Sampel tidak diambil secara acak, kelas yang ditentukan yaitu kelas X DKV 1 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X DKV 2 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes yakni menganalisis unsur intrinsik novel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan menganalisis unsur intrinsik novel siswa kelas X DKV SMK Ketintang Surabaya dengan menggunakan aplikasi iPusnas adalah 80,09 termasuk kategori baik. Sedangkan rata-rata kemampuan menganalisis unsur intrinsik novel siswa kelas X DKV SMK Ketintang Surabaya tanpa menggunakan aplikasi iPusnas adalah dan 70,58 termasuk dalam kategori cukup. Analisis yang diterapkan yakni uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji N-Gain. Bedasarkan hasil uji hipotesis yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS 25.0 dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Karena Sig. (2- tailed) < 0,05, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara aplikasi iPusnas terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik novel pada siswa kelas X DKV SMK Ketintang Surabaya.
Kata Kunci: iPusnas, Sumber belajar digital, Kemampuan Menganalisis, Novel
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

